IVANRUNA.MY.ID – Kelengkapan peralatan kantor berguna untuk memudahkan karyawan dalam meningkatkan kinerja, maupun meningkatkan produktivitas secara keseluruhan. Seperti jenis-jenis peralatan kantor ini!
Bisa dibayangkan bukan jika apa yang mau digunakan untuk bekerja harus pinjam atau sewa kesana-kesini? Selain buang-buang waktu, kalau dihitung-hitung juga memakan banyak anggaran.
Untuk itu, sebuah kantor atau tempat usaha, memerlukan berbagai jenis peralatan maupun perlengkapan yang memadai. Tidak perlu super lengkap atau barang branded semua, asalkan fungsional dan barang-barang yang benar-benar diperlukan tersedia.
Bagi Anda yang ingin membuka kantor atau usaha kecil-kecilan, berikut ini adalah jenis-jenis peralatan kantor maupun perlengkapannya yang dibtuhkan untuk memudahkan pekerjaan.
Isi Konten
1. Meja Kerja dan Kursi
Sepertinya item ini wajib banget ada di kantor. Selain untuk para karyawan, meja kerja yang lengkap dengan kursinya juga berguna untuk menjamu klien atau tamu yang datang.
Meja kerja maupun kursi yang nyaman, akan membuat karyawan lebih enjoy dalam bekerja, yang pada akhirnya dapat meningkatkan kinerja mereka.
Untuk menjamu tamu atau klien, sebaiknya Anda gunakan sofa dan meja yang lebih nyaman. Bedakan untuk kebutuhan tamu dan karyawan.
2. Lemari
Lemari juga tak kalah penting untuk menyimpan arsip atau dokumen penting lainnya agar tidak berserakan di meja.
Jika tidak ada lemari untuk pekerja, Anda bisa mengakali dengan membuat loker atau lemari sentral sebagai pusat penyimpanan penting.
3. Komputer, Scanner, Printer, Internet
Saat ini penggunaan komputer sudah tak bisa dilepaskan lagi dari kehidupan sehari-hari, tidak cuma untuk perkantoran saja.
Dengan banyaknya software yang memudahkan pekerjaan, komputer wajib banget ada di kantor maupun tempat usaha Anda.
Selain unit komputer, Anda juga membutuhkan printer untuk mencetak laporan, surat-menyurat dan lain sebagainya.
Untuk membuat hard copy (dokumen fisik) menjadi soft copy (dokumen digital), kantor membutuhkan scanner. Saat ini perkantoran sudah melakukan proses arsip dengan format digital maupun hard copy.
Tidak ketinggalan, di zaman yang serba online ini, koneksi internet yang baik pun wajib ada untuk mempermudah akses kerja.
4. Mesin Fotocopy
Untuk membuat salinan dengan cepat, kantor membutuhkan mesin fotocopy, baik yang berwarna maupun hitam putih.
Dari segi cost, penggunaan mesin fotocopy lebih irit daripada menggunakan printer. BIasanya printer hanya digunakan untuk mencetak dokumen master (asli) saja, lalu diperbanyak dengan mesin fotocopy agar lebih hemat biaya.
Anda bisa mendapatkan mesin fotocopy warna termurah se Indonesia dengan berbagai merk. Langsung saja hubungi (022) 42831074.
Tidak cuma jual beli saja, Top Solusi Copier juga menyewakan berbagai jenis mesin fotocopy dari berbagai merk.
5. Alat Tulis Kantor (ATK)
Terntu saja Anda membutuhkan alat tulis kantor seperti pulpen, kertas, penggaris, alat untuk menghapus, stapler, perekat dan lainnya.
Alat tulis kantor ini kadang tak terkontrol penggunaannya, untuk itu Anda harus menginventaris dengan baik, serta melakukan pencatatan terhadap penggunaannya.
Kalau bisa, sediakan tempat ATK khusus yang berguna untuk menyimpan stok ATK, sehingga lebih mudah lagi mengontrol penggunaannya.
6. Telepon dan Mesin Faks
Jenis-jenis peralatan kantor selanjutnya yang dibutuhkan kantor adalah telepon dan mesin faks.
Meskipun saat ini lebih mudah menggunakan telepon selular, namun untuk perkantoran nomer telepon biasa wajib untuk menunjukkan profesionalitas.
Selain pesawat telepon, Anda juga membutuhkan mesin faks. Tetapi ini sifatnya opsional, berhubung mesin faks kini bisa digantikan dengan surat elektronik seperi email.
Baca Juga:
- 4 Cara Memotivasi Karyawan untuk Meningkatkan Produktivitas Kerja
- Cara Meningkatkan Motivasi Kerja untuk Diri Sendiri
7. Mesin Absen
Mesin absensi dibutuhkan kantor untuk mencatat kehadiran karyawan. Alat ini juga memudahkan HRD dalam proses rekap kehadiran karyawan.
Terdapat berbagai jenis alat absen, mulai dari yang jadul (sistem ceklok), maupun yang modern dengan menggunakan fingerprint.
Itulah jenis-jenis peralatan dan perlengkapan kantor yang wajib ada jika ingin membuat sebuah kantor atau usaha kecil-kecilan. Semua peralatan di atas juga bisa disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing.
(Jenny Anastasia/Editor: Ivan Runa)